Sabtu, 20 September 2008

Belajar itu bisa dari mana aja..

Piuh...akhirnya ada waktu juga buat nulis lagi di blog gw ini..uda lama juga ya ga nulis2..
Kenapa gw ngasi judul itu..?beberapa hari lalu(gw lupa persisnya hari apa,antara senen-kamislah)dalam perjalanan gw ke kampus,gw dapet pelajaran yang sangat berharga..dan pelajaran itu datengnya bukan dari Guru besar,dosen,atau yang bertugas sebagai pengajar...pelajaran itu gw dapet malah dari tukang jual aqua/mizone yang biasa seliweran di UKI..
Begini ceritanya(g penting bgt...)..kalo ga salah gw ada di daerah UKI itu sekitar jam 6 sore gt,menjelang buka gt..tau sendiri donk gmn lalu lintas pada saat menjelang buka..ga yang naek motor,mobil,angkot,bis,truk,sepeda,sampe org yang jalan kaki aja maunya buru2 bgt..ya semua tau lah knp mreka gt,intinya mreka pengen buka puasa di rumah..makanya jadi buru-buru bgt..sampe kadang2 karna saking buru2nya orang2 itu(gw kadang2 jg gt sih..hehe..),nyetir,ngengkol,jalannya itu seenaknya sendiri..egois bgt...!!kalo perlu bersikap buta warna aja kalo pas lagi liat lampu merah...di saat gw menghadapi semua itu,gw ngliat kejadian yang bener2 bikin gw hm..apa ya bahasa indonesianya yg tepat..hm...oia..TERSENTUH..di daerah UKI jam segitu sudah pasti keadaan lalu lintasnya padat merayap..banyak tukang jual minuman yang lagi "panen"(jelas aja udah detik-detik akhir menjelang buka puasa gt..).ada 1 tukang jualan yang menarik perhatian gw..tampangnya sih standar tukang jual minuman gt..dengan memakai topi(udah g jelas tulisan di topinya+robek dimana2),kemeja yang udah tipis bgt(kayanya kalo dicuci di mesin cuci,bakal hancur berantakan tuh baju..),celana kain yang kondisinya hampir sama kaya kemejanya(warna celananya udah g jelas gt..campuran item,coklat,biru,dan lainnya..),di kiri bawa AQUA 2 botol+mizone 1 botol,di tangan kanan bawa mizone 2 botol+aqua 1 botol(setelah gw pikir2,gmn caranya tuh bapak bisa bawa 3 botol di tangan kiri+3 botol di tangan kanan...).berhubung macet+azan udah berkumandang,mulai banyak org(dari mobilnya) yang manggil bapak itu buat beli aqua ato mizone..sampe saat itu sih masi blom ada kejadian yang menakjubkan..pertama laku 1,trus laku lagi 1,tuh bapak lari kesana kemari buat ngejualin minumannya..sampe pada akhirnya tinggal 1 botol mizone yang dipegang..tuh bapak minggir ke trotoar,trus mulai nyusun duit dari hasil jualannya(mungkin udah dari pagi kali dy jualannya,soalnya duitnya udah lumayan banyak jg walopun rata2 ribuan gt..).dideket si bapak itu ada pengemis yang cacat(kayanya kakinya 22nya g ada),pengemis itu cuma bisa duduk aja sambil minta2 di tengah sliweran mobil+motor yang ga abis2..tuh pengemis mukanya uda item bgt(karna kena asep dari knalpot seharian kali..),trus sambil berulang-ulang nelen ludah gt(ga tau deh dy puasa apa ngga,udah buka ato blom..).si bapak penjual minuman tadi masih berdiri di sebelahnya persis.setelah si bapak slesai ngitung duit hasil dagangannya,dimasukin tu duit ke kantong.nah di tangannya masih ada 1 botol mizone yang belom kejual..gw pikir dy bakal ngejual itu buru2,biar cepet abis dagangannya..tapi apa yang dilakuin si bapak itu selanjutnya yang bikin gw TERSENTUH dan merasa malu...si bapak itu dengan tidak ragu2 langsung ngasiin tuh mizone yang tersisa ke si pengemis cacat tadi.berhubung posisi mobil gw ada di sblhnya persis jadi gw bisa sedikit mendengan apa yang diomongin..
si bapak tadi bilang:alhamdulilah dagangan laku nih.ini ada sisa 1 botol buat bapak aja.si pengemis bilang:yah..saya ga ada duit buat bayar tu botol..si bapak ngomong lagi:udah ini ambil aja,saya ikhlas kok..bulan puasa gini kan harus saling beramal..trus si pengemis langsung seneng bgt dikasi mizone itu,trus langsung dibuka dan ga ragu2 lagi langsung diminum(kayanya si pengemis itu puasa,tu mizone ampe tinggal dikit dalam 1 tegukan aja..)abis itu si bapak itu langsung jalan santai ninggalin si pengemis+gw yang masih terjebak di UKI..si bapak itu jalannya nyantai bgt,seakan2 hidupnya dy itu ga susah..
Ngliat kejadian itu bener-bener bikin gw TERSENTUH dan malu...kenapa gw malu?gw dengan segala sesuatu yang gw punya,kadang2 aja masi suka ngeluh..trus gw masi suka mikir buat ngasi amal ato apapun itu ke org yang lbh ngebutuhin..padahal keadaan gw skrg ini sangat jauh lebih enak daripada si bapak penjual minuman tadi..tapi kenapa gw masi suka ngeluh..kenapa gw masih suka ragu2 buat ngasi amal/bantuan buat org laen..
Kejadian itu bener2 jadi pelajaran bwt gw..itu buat ngingetin gw untuk selalu bersyukur atas apa yang udah gw punya skrg..dan juga untuk HARUS selalu ngebantuin orng baik itu berupa duit ato apapun yang bisa gw lakuin.tanpa harus berpikiran apa yang bakal gw dapet dari yg uda gw lakuin...


3 komentar:

Ibnu Akmal mengatakan...

Setuju boy, sometimes little things can create big impact...
Yang kecil aja bisa berbagi, kenapa gak bisa diterapin banyak orang ya? Hehehe...

Freedom Writer mengatakan...

curhat teruuss..

anyway, we should learn what we should. but furthermore we should listen.

btw alamt blog ku kemaren salah. yang bener.

www.plainteks.blogspot.com

p a r a [M] a mengatakan...

Udah lama yaa mas ga nulis lg.hauaahau